Sabtu, 23 Februari 2013

cosplay? apa itu?

    Cosplay merupakan singkatan dari costume player, yang berarti bermain dengan costume. Para pemakai cosplay disebut cosplayer. Tahukah kalian bahwa cosplay lebih dikenal  karena berasal dari negeri sakura? sebenarnya cosplay pertama kali di temukan di negara Amerika Serikat. Akan tetapi, dengan perkembangan animasi yang sangat pesat dari negeri sakura, membuat Jepang lebih dominan dangan cosplay.

 

       Berkembangnya animasi di negeri Jepang memang membuat cosplay lebih diidentikkan dengan negara tersebut. Akan tetapi, negara-negara eropa, asia dan amerika tetap berkarya dalam dunia ini. Cosplay itu sendiri sebenarnya tidak hanya mencangkup menyamai karakter dalam sebuah animasi. Dapat juga berupa karakter dari game, komik, film, atau bahkan artis maupun aktor. hal ini terus berkembang sesuai dengan kreativitas dari cosplayer itu sendiri.

 


 gambar 1. naruto
 gambar 2. sasuke
di atas itu merupakan contoh dari cosplay. kedua karakter tersebut diambil dari anime berjudul naruto, salah satu anime yang berasal dari negeri sakura. kebanyakan para cosplayer (sebutan untuk orang yang sedang bercosplay) memilih karakter dari anime yang berasal dari negeri Jepang, tetapi perlu diketahui bahwa cosplay itu sendiri bukan berasal dari Jepang.

        cosplayer merupakan seorang yang harus memiliki kreativitas yang cukup dalam tiap berkarya. Hal ini sangatlah penting  karena  mereka harus menyerupai  karakter dari salah satu genre yang  mereka pilih. Dalam hal ini, banyak  sekali  event-event yang diadakan  oleh penyelenggara yang memasukkan  kategori cosplay dalam acara merekabiasanya cosplay diadakan sebagai  bintang tamu, lomba, atau  bahkan event khusus yang hanya  mengusung tema cosplay

       event cosplay yang ada tidak hanya bertaraf lokal saja, saat ini banyak event cosplay yang bertaraf internasional dan diikuti oleh negara-negara di kawasan Eropa, Amerika, Asia, dan Australia. Indonesia pun tidak kalah dari cosplayer asing. Dalam event cosplay terbesar tahun 2012, yaitu International Cosplay World yang diselenggarakan di Jepang, tim Indonesia berhasil meraih runner up dari acara tersebut. Dengan kata lain, kreativitas Indonesia tidak kalah dari negara-negara tersebut.








Komunitas cosplay di Yogyakarta


        Saat ini, komunitas Cosplay yang ada semakin berkembang. Banyaknya minat para penggemar animasi maupun karakter dalam merealisasikannya semakin besar. Banyak komunitas yang mewadahi mereka dalam berkreasi, akan tetapi tidak jarang pula mereka berdiri sendiri tanpa adanya komunitas yang mewadahi mereka.

        Semakin gencarnya para cosplayer di Yogyakarta membuat penyelenggara event kelabakan. Hal ini dikarenakan sepinya event bernuansa cosplay di Yogyakarta selama 4 bulan ini. Akan tetapi hal ini tidak meyurutkan minat mereka dalam acara cosplay, event-event di kota lain seperti di Semarang, Surabaya, Solo, Jakarta, dan Bandung pun mereka datangi demi mengikuti event cosplay dan berpartisipasi dalam acara tersebut.

        Sepinya event berbau cosplay di Yogyakarta memang tidak menyurutkan minat mereka dalam cosplay. Di sela-sela kesibukan mereka, para cosplayer juga meyempatkan photo session untuk sekedar obat rindu dalam bercosplay. Dengan aktivitas yang berbeda tiap komunitas di Yogyakarta, tidak membuat mereka berkonflik, hal ini justru menambah keakraban mereka sebagai sesama Cosplayer yang berdomisili di Yogyakarta



1 komentar:

  1. HALO mb2 dan mz..bisa minta contac koordinator komunitas ini tidak ya?sy aditya dr Rb Radio mau ada event yg melibat6kan komunitas ini. Mohon segera infony ya
    08121568834

    BalasHapus